Sudah lama tidak memosting tulisan. Kali ini saya akan berbagi tentang hasil PTK saya sendiri. PTK dengan judul "Peningkatan
Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Make A-Match dengan Permainan Kado Pecah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas
VI SDN Mangunlegi 01 Pati Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016" saya buat untuk mengikuti Lomba penulisan KTI delam bentuk PTK Tingkat Kabupaten Pati. Berikut adalah abstrak dari PTK yang saya buat.
Hasil presentasi saya dengan power point bisa langsung downlod di sini.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kekatifan dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VI melalui model pembelajaran Make A Match dengan permainan kado pecah. Penelitian dilaksanakan di SDN Mangunlegi 01 Kecamatan Batangan pada peserta
didik kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur 4
tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan (observasi),
dan (4) refleksi terdiri dari dua
siklus. Data
yang diperoleh berupa hasil pengamatan Keaktifan dan nilai tes akhir siswa pada
tindakan prasiklus, siklus I,
dan siklus II. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pengamatan keaktifan dan
nilai tes akhir siswa dari siklus yang satu dengan siklus yang lain. Dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A
Match dengan permainan kado pecah dalam
pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas IV semester 2 SDN Mangunlegi 01 tahun pelajaran 2015/2016. Pada tindakan prasiklus
siswa yang aktif sebanyak 29%, siklus
I sebanyak 65%, dan siklus II sebanyak 82%. Perolehan nilai
rata-rata tes
akhir pada tindakan prasiklus 64,3; siklus I menjadi 70,3; dan siklus II menjadi 84,3.
Kata Kunci : Make A Match, kado pecah, aktivitas siswa, hasil belajar.
Hasil presentasi saya dengan power point bisa langsung downlod di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar